Photobucket

Friday, April 25, 2008

Da'wah di kampus

Dakwah dikampus memiliki tujuan utama iaitu ingin menghasilkan mahasiswa yang bercita-cita untuk membangun masa depan Islam, dan mengaktifkan peranan masyarakat kampus dalam usaha mentransformasikan masyarakat menuju masyarakat Islam. Dunia kampus merupakan institusi terbaik untuk kita merekrut generasi pewaris dakwah. Untuk mencapai tujuan utama ini, ada beberapa sasaran yang harus dicapai oleh sesebuah organisasi dakwah kampus. Salah satu saranan tersebut adalah terbentuknya bi’ah (lingkungan) yang kondusif bagi kehidupan Islami di kampus, baik dalam sisi moral, intelektual, mahupun tanggungjawab sosial. Bi’ah Islami inilah yang seharusnya menjadi salah satu perhatian pokok bagi penggerak dakwah kampus.


Mengapa kita memerlukan biah Islami? Biah Islami adalah sebuah model lingkungan yang baik (Islami), yang pola pergaulan dan hubungan antara mahasiswa dan masyarakat kampus beredar dalam lingkungan Islami. Lingkungan Islami ini merupakan sebahagian dari proses pembentukan kaderisasi dakwah. Dengan biah Islami maka akan terbina dari dalamnya ahli kader dakwah, da’ie dan murobbi yang siap untuk terjun melaksanakan mas’uliyyah (tanggungjawab) dakwah dan tarbiyyah. Kerana darinya telah dibina, dipisahkannya diantara unsure-unsur jahiliyyah dan unsure kebaikan, dengna impak dan pengaruh dari lingkungan (biah) Islami. Ini telah dibuktikan dibeberapa organisasi dakwah kampus (ODK) yang aktif melahirkan da’ie dan murobbi saban tahun.


Apabila lingkungan dalaman (internal) ODK keadaannya masih sukar dibezakan dengan organisasi mahasiswa biasa, misalnya tidak ada biah Islami (contoh: akhlak anggota ODK masih seperti orang awam, seperti suka mencela walaupun hanya bergurau, suka memotong pembicaraan orang lain, tidak mendengarkan dengan baik, tidak ada senyum ramah ketika bertemu, suka tetawa terbahak-bahak berlebihan, tidak menjaga pandangan, penyakit lidah, penyakit hati, jarang melaksanakan ibadah sunnah, jarang tilawah), maka amat sukar untuk melahirkan da’ie dan murobbi yang handal dan wibawa. Jikalau dihasilkan pun daie dan murobbi, maka hasilnya itu belum dapat dipastikan sama ada memenuhi kualiti (muwasofat), tidak ada kedewasaan, kematangan dan kewibawaaan dimata mad’u dan orang lain.


Biah Islami adalah lingkungan yang harus kita bentuk dalam lingkungan di setiap organisasi yang ada di dalam kampus kita. Ianya merupakan lingkungan yang kondusif untuk menjalankan kehidupan yang Islami, dan lingkungan yang kondusif untuk beribadah. Dalam sebuah biah Islami, para anggotanya gemar melakukan ibadah sunnah (apatah lagi ibadah wajib), ukhuwah Islamiyah erat, kalau bertemu saling berjabat tangan dan senyum ramah, tegur sapa yang baik, ahlinya juga minat membaca buku-buku Islam diperpustakaan, berpuasa sunat isnin dan khamis, tilawah Quran, solat tahajud, taubat dan dhuha, akhwatnya berjilbab menutup aurat, ikhwahnya berpakaian rapi dan sopan, saling menjaga pandangan (ghodul bashar) antara ikhwah dan akhwat, mendampingi bahan fikrah dan tarbiyyah di setiap saat.


Dalam biah Islami, akhlak ahlinya sentiasa ampuh dan menigkat adab dan sahsiahnya. Jika keadaan lingkungannya seperti ini, insyaAllah akan mudah mendapatkan dan membentuk anggota kader, daie, dan murobbi yang handal, teguh dan ma’nawiyyah yang kuat.


Dengan demikian, apabila kita dapat membentuk sebuah biah Islami dalam kampus kita, khususnya dilingkungan tempat organisasi dakwah beraktiviti, maka tujuan dakwah kampus dapat kita capai. Anggota-anggotanya yang mencintai Islam akan mudah dibentuk. InsyaAllah..



Dipetik dari majalah HALUAN keluaran Mac-April 2008


0 comments: